Senin, 29 Juli 2013

PUBLISH YOUR BOOK!

                Setiap penulis pasti ingin punya karya? Bener gak sih kalau aku bilang gini? Kayaknya bener deh. Menurutku “The real writer” emang wajib punya karya. Jangan ngaku penulis kalau belum punya karya! Hehehehehe. Karya yang baik tentunya nggak untuk disimpan aja dalam laptop teman-teman, tapi perlu juga dipubilkasikan. Biar orang lain baca, biar orang lain tahu kalau teman-teman adalah “The real writer” ciyeeee :D  . Cara publikasi karya macem-macem, misalnya dikirimkan ke  surat kabar atau bisa juga di jadiin BUKU.

BUKU? SUSAH GAK SIH BUATNYA?

                Pertanyaan seperti ini pernah bersarang di benakku dua tahun lalu. Yah.. jaman-jaman aku masih unyu-unyu, jaman-jaman Cuma nulis di note facebook atau sesekali nulis di blog tapi nggak ada yang baca, nggak ada yang nge-LIKE sedih banget. Mentok-mentok yang nge-LIKE di Fb juga 20 orang, itu udah paling banyak sedangkan di blog waktu itu visitorku masih sepi banget. Mungkin karena belum tahu gimana cara ngelola blog yang baik kali ya.. Ya meski sampai sekarang juga sebenernya aku masih nggak tahu gimana caranya-.-.

JATUH BANGUN TULISANKU
               
              Aku pernah coba segala macam cara untuk publish tulisanku. Pernah ngirim ke surat kabar, berkali-kali bahkan. Kalau di hitung mungkin jumlahnya ratusan. Mulai kirim langsung sampai via email, tapi yang sering kali aku dapat adalah :


Sakit men >.<! hahahaha

Tapi aku nggak putus asa. Aku terus kirim dan kirim terus ke majalah-majalah lain ataupun juga surat kabar lain. Alhasil, ada juga yang dimuat juga kaya ini 

                Tapi memang sih, kalau Cuma mengandalkan ngirim ke majalah-majalah atau surat kabar kemungkinan diterimanya adalah 50 : 1. Jadi, lima puluh kali kita ngirim, kemungkinan diterimanya Cuma sekali. Jumlah ini aku hitung dari jumlah kegagalan dan surat penolakan yang pernah aku terima. Huhu u___u.  Tapi tenang aja, kemungkinan ini pasti beda-beda tiap orang. J
                Ngirim lima puluh karya dan Cuma dimuat sekali itu CAPEK! SEBEL! Dan USELESS banget! Karena karya yang udah kita kirim itu nggak boleh dipakai lagi. Kalau sampai karya tersebut diterbitkan di dua majalah yang berbeda dan ketahuan masing-masing pihak bisa-bisa kita di BLACK LIST! Dan karya kita nggak akan pernah dimuat di kedua majalah tersebut. Kemungkinan kayak gini kecil, tapi bisa aja terjadi. Jadi dari pada ambil resiko, mending satu karya hanya dikirim ke satu penerbit aja J!
                Kalau perhitunganku bener kemungkinan diterima Cuma 50 : 1. Berarti dari 50 karya, 49 karyanya sia-sia kebuang dong??!! Hmh Rugi banget sumpah. Dari pengalaman ini aku belajar banyak. Dari pada ngirim karya dan kemungkinan diterimanya Cuma segitu, gimana kalau terbitin karya kita sendiri?

                “INDEPENDENT WRITING”

Apaan tuh? Istilah kaya gitu mulai aku kenal sejak masuk kuliah tahun 2011. Awalnya aku lihat kakak tingkatku yang waktu itu nerbitin karyanya sendiri (cetak-cetak sendiri jual-jual sendiri) :D namanya Mbak Linda sama Mas Fahmi :). Lalu istilah itu semakin nggak asing lagi setelah ada penulis yang karyanya lumayan banyak dan dia ngadain acara bedah buku di fakultasku. Aku lupa namanya tapi penulis itu juga “Independent Writing” jadi semua karyanya diterbitkan dengan biaya sendiri.
                Keren juga bisa punya buku dengan cara kayak gitu. Yaudah aku coba nulis buku. Karena nggak pede jalan sendirian takut bingung dan gimana-gimana aku nulis bukunya bareng-bareng sama sahabat+partner setiaku, Ni Luh Ayu Sukma J
Ini fotonya :

*kiri : Anisa Elianti (Aku), Kanan : Ni Luh Ayu Sukma.

Itu sebabnya kenapa nama pena kita “Sukma Elianti”. Nama itu diambil dari nama belakang kita masing-masing . Ni Luh Ayu Sukma & Anisa Elianti.

                Nerbitin buku sendiri susah gak sih? Gampang kok tinggal cetak aja. Tapi kendalanya ada di dana. Yah maklum Kita berdua Cuma mahasiswa dengan uang saku yang gak banyak-banyak banget. Terlebih lagi kita berdua boros, susah nyimpen duit L susah pokoknya!! Tapi keinginan kita kuat. Kita harus punya BUKU! Akhirnya kita nabung deh. Dibela-belain sumpah sampai bawa-bawa bekal buat berhemat uang. Ckckckkck! :D Mungkin ini hal paling mengenaskan yang pernah kita lakuin tapi nggak papa. Kerja keras kita akhirnya membuahkan hasil :D
Taraaa:DDDD \m/

#BUKU PERTAMA : JANTUNG HATI KEJORA
By : Sukma Elianti
Publisher :Donat Sastra
Tanggal terbit : 18 Juli 2012


Kita nyetak buku ini dibantu Mas Fahmi dan Mbak Linda =D. Thanks Kakak-Kakak =D.  Waktu itu cetakan kita nggak banyak, nggak sampai lima puluh eksemplar tapi Alhamdulillah tiga hari SOLD OUT! J dan kita udah cukup seneng. Dari situ akhirnya kita dapat sedikit pengakuan sebagai penulis. Ciye ciyeee…

JADI PENULIS PERLU DANA?

                Iya emang. Kayaknya emang hari gini nggak ada yang gratis. Kita sempet putus asa, sempet kecewa sama mimpi kita yang ternyata harus di kejar pakai duit. Sedangkan kita sendiri belum kerja. Duit dari mana coba? Satu hal yang jelas dan pasti. Kita nggak akan pernah minta sepeserpun ke orang tua kita untuk bayar biaya penerbitan. Nggak akan pernah! Kita nggak mau nyusahin, nggak mau dianggap manja. Ini mimpi kita, jadi harus kita kejar sendiri! Jatuh bangunnya ya biar Cuma kita yang tahu. Biar Cuma kita yang rasain. Orang tua kita cukup tahu kalau kita baik-baik aja, dan kita bisa berhasil suatu hari nanti.
***
                Aku sama Ni Luh sering mampir ke perpus kota kalau jam kosong. Bukan buat baca buku si sebenernya. Tapi buat mampir ke bakso yang ada di kantin perpus-____- (Jujur banget). Sampai suatu hari aku nemuin brosur iklan Penerbitan “BAYU MEDIA” yang ditempel di papan pengumuman. Aku coba hubungin penerbitan tersebut dengan ajak Ni Luh juga tentunya. Dari brosur itu kita kenal sama seseorang yang bantu kita banget namanya Mas Gede :D. Orangnya baik banget.
                Setelah kontak sama Mas Gede, pertama-tama kita kita ngumpulin cerpen-cerpen kita yang mulai berjamur di laptop. Nggak lama setelah itu kita stor naskah ke Mas Gede. Cuma tiga hari, dan naskah kita udah di lay-out K. Naskah dikembalikan lagi ke kita buat kita edit. Waktu itu penerbitan minta kita 50 : 50. Artinya biaya penerbitan ditanggung kita separuh dan sisanya ditanggung penerbitan. Aku sama Ni Luh sempet kedip-kedip bingung. Yang lagi-lagi kita pikir adalah duit dari mana? K. Bener lebih ringan dari yang pertama tapi tetep aja kita nggak punya duit K.
                Dua bulan naskah ada ditangan kita dan belum kita serahin lagi ke penerbitan karena kita nggak punya dana buat bayar biaya penerbitan. Sampai akhirnya Mas Gede hubungin kita lagi dan akhirnya BAYU MEDIA mau membiayai penerbitan buku kita 100 persen. Thanks GOD! Kita di modalin :D. Hihihihi. Buku kita dicetak 300 eksemplar J. Tapi sebagai gantinya yang 100 eksemplar harus kita jualin sendiri. Mungkin buat ganti biaya penerbitannya. Sedangkan yang 200 nya disebar di 33 cabang Toko buku TOGA MAS yang ada di Indonesia.
Ini bukunya J

#BUKU KEDUA : PEREMPUAN
By: Sukma Elianti
Tanggal terbit : 4 Juli 2013
Pemesanan masih bisa : HUBUNGI : 087859629409
Tersedia juga di Toko Buku TOGA MAS J

Dari 100 buku yang harus kita jualin sendiri itu Alhamdulillah udah hampir terjual semua dalam waktu kurang dari satu bulan J. Padahal kita lagi libur kuliah, dan yang beli kebanyakan masih orang luar. Kita berharap kalau udah masuk kuliah penjualan buku kita makin JOSS lagi !:D dan suatu hari nanti buku kita bisa jadi BEST SELLER! Amin Amin Amin.
***
                Capek juga nulisnya.. Ini sedikit cerita tentang penerbitan bukuku teman-teman J. Jangan pernah takut gagal dan terus berus berusaha. Karena sekecil apapun usaha pasti membuahkan hasil J! Tuhan kita nggak pernah tidur teman-teman, kalau kita mau berusaha pasti ada jalan J!
                Jangan pernah bermimpi jadi orang yang sukses kalau nggak pernah mau gagal dan gak mau jalanin prosesnya. Mungkin kemarin aku masih ngesot, sekarang sudah merangkak, suatu hari nanti aku percaya pasti bisa berjalan bahkan berlari! J. Nggak ada penulis yang langsung sukses kaya di film-film. Jadi penulis terkenal aja juga pasti butuh proses J . Senang bisa berbagi dengan teman-teman. Tetap berbagi, Jangan sombong dan Semangat \n_________n/!
              
Oh iya kalau mau share dan tanya-tanya seputar kepenulisan dan penerbitan bisa hubungi aku di
Twitter : @icalianti
Aku pasti bales pesan dari teman-teman J.




16 komentar:

  1. wah, menginspirasi nih.
    makasih ya mbak :')

    BalasHapus
  2. :') iya sama sama mas angga :)

    BalasHapus
  3. mantabbs niih sering2 posting yg kaya gini ya mbaa

    BalasHapus
  4. Subhanallah...itulah bukti bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan....

    BalasHapus
  5. @muksit Haetami : iya masss :)) makasi juga udah mampir buat baca :))

    @Dea Amanda : Iya dan Allah nggak akan pernah diam liat hambanya berusaha :))

    BalasHapus
  6. Memang perlu sebuah kerja keras dan semangat...!!
    Selamat ca. Terus berkarya.

    BalasHapus
  7. =D hehehhe ada mas Pram :p makasii udah baca :)

    BalasHapus
  8. Saya tuh yg suka takut gagal, jadi untuk nyoba pun ga pernah.

    BalasHapus
  9. mantap....dan sukses selalu....

    BalasHapus
  10. coba aja kak :) harus beranii :)

    BalasHapus
  11. wow keren jd ingin mengikuti jejaknya nich...

    BalasHapus
  12. kiriman blog kamu keren banget, aku suka. aku juga banyak tulisan yang masih nyangkut di laptopku dan pingin banget aku keluarin untuk bisa dibaca oranglain. tapi caranya sering kali aku bingung dan gak tau mesti kemana aku ngirimnya. sempet aku merasa jengkel dan uring-uringan tulisan aku pernah ku kirim ke majalah dan penerbit lain, sayang, ditolak. apakah aku mesti menangis atau marah, aku gak tau. aku merasa sia-sia menulis.
    kasih aku saran, sebaiknya aku harus gimana. mungkin juga aku bakal sering ngnjungi blog kamu ini untuk minta saran kamu lagi,dukungan, atau mungkin bantuannya.mungkin kita bisa saling tukar dan bagi cerita. thanks. ^_^

    BalasHapus
  13. good luck...
    Perjuangan yg di buktikan dengan karya yg Luar Biasa....

    BalasHapus
  14. Jadi termotivasi banget baca tulisan kamu, intinya keep fighting jalan terus dan jangan cepat menyerah yaa.

    Btw selamat ya nisa buku kamu udah masuk di Gramedia, doain ya semoga buku saya juga bisa nyusul masuk ke Gramedia... hehehe

    BalasHapus