Rabu, 08 November 2017

KAU AKAN BAHAGIA

Tulisan ini aku buat untuk sahabatku Nanta, kubuatkan lima bagian.

Nyatanya patah hati tidak saja menerpa mereka yang lemah, namun juga menyambar seseorang yang kuat sepertimu sekalipun.
Dan ketika ia menyambar, tetap saja kau runtuh. Sekuat-kuatnya dirimu, tetap ada yang sanggup mematahkan hatimu. 

SATU
Kudengar kau merasa sepi? Apa yang kau pikirkan? Kau marah padanya? Pada masalalu yang tidak memilihmu namun justru memilih yang lain. Yang nyatanya tidak lebih dari kamu. Kudengar kau bekerja di tempat yang bagus dengan jabatan yang bagus, juga pendidikan bagus, kudengar kau melanjutkan kuliahmu. Hebat sekali. Lalu apa kurangnya kamu? Kenapa dia justru pergi meninggalkanmu demi bersama seseorang yang tidak bekerja, tidak berpendidikan, tak lebih baik dari kamu. Sudah berhenti! Tak ada gunanya  membanding bandingkanmu dengannya. Masa lalu. Terkadang cinta bukan tentang apa yang kita miliki namun apa yang tidak kita miliki. Bagaimana seseorang memutuskan bersama bukan karena kelebihan, namun juga bukan karena menerima kekurangsan. Lalu karena apa? Karena cinta. Cinta yang tak dapat dilogika sekalipun.

DUA
Hatimu patah Nanta? Ah iya. Aku tau pasti aku mengenalmu bertahun tahun. Lantas bagaimana kau menyembuhkannya? Entah bagaimana, di tempatmu tinggal sepertinya jauh dari keramaian seperti hiruk pikuk kota kelahiran kita di Malang. Jauh dari orang orang yang bisa kau jadikan teman. Tapi tak perlu berteman sekalipun kurasa kau tetap mendapatkan seseorang yang sanggup berada di sampingmu, meski tentu saja rasanya beda tidak seperti dia, tidak seperti yang kau harapkan, tapi yang lebih penting ada yang menemanimu begitu saja aku sudah cukup merasa lega.. karena setidaknya kau tak sendiri. Entah bagaimana rasanya bermain cinta dengan beberapa orang yang ada disana namun hatimu masih Terbelenggu dengan perempuan yang ada di sini. Jangan seperti tidak mengenalmu, seolah olah aku masih menanyakan rasa...aku tahu tanpa kau ucap sekalipun, tanpa kau keluhkan sekalipun, jika ini semua sangatlah berat untukmu.. Sekali lagi aku mengenalmu.

TIGA
Sepertinya bukan satu atau dua hari dia pergi. Sepertinya sudah cukup lama.. Tapi entah mengapa rasanya kulihat kau tak pernah sebahagia sebelumnya, tak pernah sebersemangat sebelumnya, tak pernah memperjuangkan seseorang yang lain seperti kau memperjuangkan dia. Tapi sudahlah patah hati yang remuk bukan untuk  dikenang maupun juga dicarikan obat untuk sembuh atau pun juga dicarikan seseorang yang kau pikir dapat menyembuhkan tapi nyatanya seseorang itu tak pernah ada..Karena tak akan pernah ada seseorang yang dapat menyembuhkannya selain dirimu sendiri.  Tak ada yang menolong jiwamu selain jiwamu sendiri.

EMPAT
 Lalu kudengar lagi dia yang meremukkan hatimu itu kini kembali dekat dengan yang lain. Lalu kudengar lagi kini hatimu tak merasakan apa-apa, tak merasakan perih seperti sebelumnya ketika dia pergi, tak merasakan sakit seperti sakit sebelumnya ketika dia mengkhianatim Lalu kudengar lagi rasamu padanya hilang begitu saja bagai air laut di bawah terik sinar matahari menguap sangat cepat, tak tersisa sedikitpun. Lalu kudengar lagi aku mengenalmu aku tahu siapa kamu sebelum dia mengenalmu sebelum kau katakan patah hati hatimu yang sekarang. Lalu kutahu  lagi.... tidak Kau bukan tak merasa apapun padanya. Kau hanya muak, Kau hanya marah, Kau hanya kesal dan Kau lihat dia yang pernah menyakitimu itu kini kembali menyakiti hati yang lain yang dulunya pernah menyakitimu juga. 

LIMA
Sudahlah Nanta...Patah hati yang bisa Disembuhkan dengan bergelas gelas kopi yang kau minum. Dengan berbelas wanita lain sekalipun. Dengan hati lain yang berusaha kau samakan dengan hatinya sekalipun. Dengan hati lain yang berusaha kau tempatkan seperti dia dalam hatimu... Tidak, tidak ada yang sanggup sembuh secepat itu patah hati. Ku rasa memang patah hati tak harus disembuhkan.. tak harus diobati.. tapi di iklaskan, aku yakin suatu hari nanti kau akan kembali bicara padanya, entah sebagai teman atau masa lalu yang hilang. Sudahlah nanta kau akan bahagia.. Patah hati ini akan berlalu, tak akan ia menyiksamu seumur hidupmu, tak kan selamanya kau terbelenggu, dalam cinta yang ternyata tak sama dengan harapanmu. Kau akan bahagia Nanta... Kau hanmnya belum tahu saja apa yang akan diberikan tuhan untuk membuat hidupmu bahagia nantinya. Setidaknya Kau memiliki banyak hal yang dapat membuatmu tersenyum, Kau miliki orang tua yang menyayangimu, teman-teman yang baik padamu, pekerjaan yang baik, rumah yang bagus, uang yang cukup.
Ah.. Mengapa harus menyerahkan kebahagiaan ditangan orang lain? Dan ketika dia pergi seolah kita menjadi orang yang paling sedih di dunia. Kau akan bahagia Nanta, kau akan bahagia. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar